Tahukan anda bahwa dikampung atau wilayah anda terdapat 𝑲𝒂𝒅𝒆𝒓 𝑴𝒂𝒍𝒂𝒓𝒊𝒂 yang secara aktif melakukan pemeriksaan malaria melalui kunjungan rumah?

Kader malaria memiliki peran penting dalam program pengendalian dan pencegahan malaria karena mereka merupakan tenaga kesehatan masyarakat yang berperan sebagai perpanjangan tangan dari fasilitas kesehatan dalam program malaria.

Kader malaria adalah tenaga terlatih untuk melakukan pemeriksaan menggunakan RDT atau tes cepat malaria. Dengan kemampuan ini, kader malaria mampu memeriksa dan melakukan pemberian obat dalam pengawasan tenaga kesehatan di wilayah kerja puskesmas masing-masing, hal ini sesuai dengan 𝐏e𝐫a𝐭u𝐫a𝐧 𝐌e𝐧t𝐞r𝐢 𝐊e𝐬e𝐡a𝐭a𝐧 𝐍o𝐦o𝐫 𝟒1 T𝐚h𝐮n 2ğŸŽ1𝟖 tentang Pelaksanaan Deteksi Dini dan Pemberian Obat Anti Malaria oleh Kader Malaria pada Daerah dengan Situasi Khusus.

Selain itu, Kader malaria berperan penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan dan pengendalian malaria. Mereka menyampaikan informasi mengenai penggunaan kelambu berinsektisida, penggunaan obat-obatan pencegahan, dan praktik-praktik pencegahan lainnya. Dengan membantu masyarakat memahami cara mencegah malaria, kader malaria membantu mengurangi risiko penularan dan mengubah perilaku yang berkontribusi pada penyebaran penyakit.

Hari ini, Selasa 18 Juli 2023, Dinas Kesehatan Kab Manokwari dan Perdhaki melakukan penyegaran kader malaria di wilayah Prafi dan sekitarnya. Terdapat >100 kader malaria hadir dan turut serta dalam kegiatan ini.

𝑨𝒚𝒐𝒌, 𝒋𝒂𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒓𝒂𝒈𝒖 𝒅𝒊𝒑𝒆𝒓𝒊𝒌𝒔𝒂 ğ’Žğ’‚ğ’ğ’‚ğ’“ğ’Šğ’‚ 𝒐𝒍𝒆𝒉 𝒌𝒂𝒅𝒆𝒓!

#EliminasiMalaria2027

#ManokwariBebasMalaria

#PapuaBaratBebasMalaria